Knights of Templar

Selasa, 28 Agustus 2012

mikro 4:kekuatan penawaran dan permintaan pasar

Apa itu pasar?
Pasar adalah tempat berinteraksi nya dari sekolompok penjual dan pembeli dari suatu barang.
Apa itu kompetitif ?
Pasar kompetitif atau competitive market adalah pasar dimana terdapat banyak pembeli dan penjual sehingga masing-masin pembeli atau penjual memiliki pengaruh yang kecil terhadap harga pasar.
Sfat pasar persainganf sempurna :
1.       Barang-barang yang dijual sama.
2.       Pembeli dan penjual banyak sehingga harga tidak dapat ditentukan oleh penjual dan pembeli.
Mereka yang menentukan harga di pasar persaningan sempurna adalah price taker.
Pasar yang terdiri dari satu orang penjual dan penjual yang menetukan harga disebut pasar monopoli, contoh: PLN ..
Pasar yang terdiru dari satu penjual dan dimana penjual tidak selalu berkompetisi seara agresif disebut pasar oligopoli .
Pasar yang terdiri dari beberapa penjual tetapi barang yang diproduksi juga sedikit disebut pasar monoplistik.
Permintaan
Kurva permintaan: hubungan antara harga dan jumlah permintaan.
Jumlah permintaan (quantity demanded) dari suatu barang adalah jumlah barang yang rela dan mampu dibayar oleh pembeli.  Hukum permintaan (law of demand) adalah jika semua nya dibiarkan sama maka ketika harga suatu barang naik maka jumlah barang yang diminta menurun, begitu pun sebaliknya. Jumlah barang yang diminta dan harga behubungan negative.
                                                                Bikin curva hal 68
Table tersebut disebut skedul permintaan (demand schedule) table yang menunjukan hubungan antara harga suatu barang dengan jumlah permintaan barang, dengan mengangap hal-hal lain yang mempengaruhi keinginanan konsumen untuk membeli barang tersebut tidaklah berubah. Kurva permintaan adalah garis menurun yang menghubungkan harga dengan jumlah permintaan suatu barang.


Permintaan pasar versus permintaan individu
Untuk mendapatkan kurva permintaan pasar maka kita harus menjumlahkan kurva-kurva individu secara horizontal. Kurva permintaan pasar menunjukkan bagaimana jumlah permintaan terhadap suatu barang berubah nilai nya ketika harga nya juga berubah, dengan asumsi bahwa semua factor lain yang mempengaruhi keinginan konsumen untuk membeli barang tersebut tidak ada yang berubah
Pergesaran pada kurva permintaan
Jika kurva permintaan bergeser kekanan maka akan terjadi peningkatan permintaan, jika kurva permintaan bergeser kekiri maka terjadi penurunan permintaan.
Berikut factor yang mempengaruhi pergeseran kurva permintaan:
1.       Pendapatan
·         Jika permintaan terhadap suatu barang berkurang ketika pendapatan berkurang maka barang tersebut disebut barang normal (normal goods)
·         Jika permintaan suatu barang bertambah ketika pendapatan berkurang, barang itu disebut barang inferior(inferioir goods)
2.       Harga barang-barang terikat
·         Barang subtitusi adalah pasangan barang yang jika salah satu nya mengalami peningkatan/penurunan permintaan maka permintaan yang lain nya akan mengikuti nya. Contoh: hamburger dan hotdog , motor dan mobil .
·         Barang komplementer adalah jika salah satu barang mengalami peningkatan permintaan maka permintaan yang lain akan tururn. Contoh: gula dan kopi
3.       Selera
4.       Harapan mengenai masa mendatang
·         Contoh:  jika pemerintah akan menaikan harga bbm besok masyarak pasti akan membeli bbm lebih banyak pada hari ini
5.       Jumlah pembeli







 Penawaran
Kurva Penawaran: Hubungan antara harga dengan jumlah penawaran
Jumlah penawaran (quantity supplied) dari suatu barang adalah jumlah barang yang rela dan mampu dijual oleh penjual. Hukum penawaran (law of supply) adalah jika semua hal dibiarkan sama ketika harga suatu barang meningkat maka jumlah penawaran nya juga meingkat dan ketika harga nya turun maka jumlah penawaran nya juga turun. Jumlah barang yang ditawarkan dan barang yang diminta bersifat positif.
                                                                                Tabel hal 74
Disebut skedul penawaran (supply schedule) menunjukan hubungan antara harga suatu barang dengan jumlah penawaran nya, dengan mengangap semua factor lain yang mempengaruhi keinginan produsen untuk memproduksi barang iti tidak ada yang berubah.  Kurva penawaran adalah kurva yang menunjukkan hubungan harga dengan jumlah penawaran.
Penawaran pasar versus penawaran individu
Penawaran pasar adalah jumlah dari kedua penawaran individu. Untuk mendapatkan jumlah penawaran pada harga beberapa pun, kita menambahkan jumlah penawaran yang didapat dari sumbu horizontal dari setiap kurva penawaran individu. Kurva penawaran pasar menunjukkan bagaimana jumlah penawaran secara keseluruhan berubah jika harga barang tersebut berubah.
Pergeseran pada kurva penawaran
Jika kurva bergeser kekanan maka disebut peningkatan penawaran , jika kurva bergeser kekiri maka disebut penurunan penawaran.
Faktor yang mempengaruhi pergeseran kurva penawaran adalah :
1.       Harga Input
2.       Teknologi           
3.       Harapan
4.       Jumlah penjual
5.       Rangkuman
6.       Kuis
Gabungan Penawaran dan Permintaan
Titik keseimbangan
Titik keseimbangan (Equilibrium) titik dimana kurva permintaan dan penawaran saling berpotongan atau situasi dimana harga telah membuat jumlah penawaran dan jumlah permintaan sama besar.
Harga keseimbangan (equilibrium price) adalah harga yang menyeimbangkan jumlah penawaran dan jumlah permintaan.  Pada harga keseimbangan jumlah barang yang rela dan mampu dibeli sama besar dengan jumlah barang yang rela dan mapu dijual, ini disebut market-clearing price.
Surplus adalah situasi dimana jumlah penawaran lebih besar daripada jumlah permintaan.
Kekurangan (shortage) adalah situasi dimana jumlah permintaan lebih besar dari pada jumlah penawaran. 
                                                                Kurva hal 77
Hukum penawaran dan permintaan (law of supply and demnd) dimana harga barang akan menyesuaikan diri sehingga jumlah permintaan dan penawaran akan seimbang
Tiga langkah menganalisis perubahan titik keseimbangan
1.       Menentuan apakah peristiwa itu menggeser kurva penawaran, kurva permintaan, atau keduanya
2.       Menentukan apakah pergeseran kurva itu kekana atau kekiri
3.       Meggunakan diagram penawara-permintaan untuk membandingkan kondisi awal dan kondisi akhir titik keseimbangan yang menunjuk kan bagaimana pergeseran itu mempengaruhi harga keseimbangan dan jumlah keseimbangan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar